Merekam Kenangan Dengan Kacamata Sony

Sony Eye TrackingSetiap hari, yang kita lakukan adalah merekam semua yang kita lihat ke dalam ingatan kita yang ada di dalam otak. Seiring waktu, otak akan menyortir, kenangan mana yang bisa dihapus dan mana yang cukup penting untuk disimpan. Seiring waktu pula, kemampuan otak kita mengalami penurunan dan tak lagi bisa berfungsi secara ideal. Sony tahu itu dan mereka sedang merancang alat yang akan mengatasi kendala itu. Tentu saja ini masih bersifat teknologi dalam proses pengembangan.

Sony bahkan sudah menyiapkan prototype dari alat perekam yang berbentuk kacamata ini. Kacamata ini bukan sekedar pengganti kamera digital dalam bentuk mini. Selain kamera mini, Sony juga menanamkan teknologi pelacak gerakan mata. Dengan begitu, apa yang terekam memang benar-benar sesuatu yang kita lihat, bukan rekaman dari apa yang ada di depan kamera.

Intinya, sensor akan mendeteksi arah pandangan mata dan menyesuaikan arah kamera dengan arah pandangan mata kita. Kamera ini kemudian merekam semua yang kita lihat tadi termasuk teks yang kita baca saat mengenakan kacamata ini. Tak berhenti di sana, Sony juga berencana memasang teknologi GPS pada kacamata ini sehingga nantinya hasil rekaman ini bisa diberi geotag alias informasi lokasi dari rekaman tersebut.

Sepertinya teknologi yang ada memang memungkinkan untuk dibuatnya kacamata perekam ini tapi masalahnya adalah bagaimana menyimpan data sekaligus memberi daya pada sensor dan kamera tanpa terlalu membebani pengguna. Seberapapun menariknya teknologi ini jelas tak akan menarik minat kalau tingkat efisiensi dan efektivitasnya masih belum memadai. Jadi, kita tunggu saja inovasi dari Sony selanjutnya.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» BIOS Bakal Segera Digantikan UEFI

» Karyawan Google Tak Boleh Pakai Windows

» Orang Pertama Yang Tertular Virus Komputer

» Layar OLED Yang Bisa Digulung

» Ikaros, Menjaring Energi Matahari

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s