BIOS Bakal Segera Digantikan UEFI

MSI UEFIBIOS barangkali adalah fitur yang tak pernah disentuh pengguna awam meski sebenarnya BIOS inilah yang menjadi awal dari komunikasi antara hardware dan sistem operasi yang Anda gunakan. Buat mereka yang suka mengutak-atik PC atau notebook, BIOS mungkin sudah bukan sesuatu yang asing dan sejak pertama kali muncul, antarmuka BIOS memang tak pernah banyak berubah kecuali penambahan fitur-fitur baru dari vendor hardware. Nantinya, kita tak akan lagi melihat tampilan sederhana BIOS yang hanya berbasis teks karena calon pengganti BIOS yang bernama UEFI kini sudah hampir siap dirilis.

UEFI (United Extensible Firmware Interface) ini adalah hasil jerih payah United EFI Forum yang beranggotakan Microsoft, Apple, Intel, dan ARM yang bertujuan membuat pengganti dari BIOS yang punya tampilan jauh lebih menarik. Menurut berita yang dilansir Engadget, nantinya UEFI ini akan punya tampilan menarik dan sudah bisa bekerja dengan input dari mouse. Belum jelas fitur tambahan apa lagi yang akan ditawarkan oleh UEFI ini namun melihat gambar yang beredar, sepertinya tampilannya memang jauh lebih menarik.

Dalam berita yang sama juga disebutkan kalau UEFI ini dibuat dengan menggunakan bahasa C dan karena itu akan memakan resource lebih besar dari BIOS yang sekarang ada tapi di saat yang sama, UEFI ini juga menawarkan fleksibilitas yang jauh lebih baik ketimbang pendahulunya itu. MSI, kabarnya sudah memasang ancang-ancang untuk menggunakan UEFI ini pada produk motherboard mereka di penghujung tahun 2010 ini.

Memang BIOS belum akan mati karena masih banyak produsen motherboard yang akan tetap menggunakan produk ini namun mengingat bahwa nantinya salah satu syarat untuk bisa menggunakan hard disk berkapasitas lebih dari 2TB adalah UEFI ini, maka tidak ada salahnya jika kita bersiap-siap mulai sekarang.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Karyawan Google Tak Boleh Pakai Windows

» Orang Pertama Yang Tertular Virus Komputer

» Layar OLED Yang Bisa Digulung

» Ikaros, Menjaring Energi Matahari

» Koneksi Internet Via LED

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s