Orang Pertama Yang Tertular Virus Komputer

Human VirusVirus. Ada dua definisi untuk satu kata ini. Virus bisa mengacu pada virus yang bisa menginfeksi manusia dan menyebabkan orang yang terinfeksi menjadi sakit, atau virus yang sebenarnya adalah rangkaian kode yang dibuat untuk merusak sebuah sistem operasi atau aplikasi. Nyatanya, ada ilmuwan yang berhasil membuktikan kalau manusia pun bisa tertular virus komputer, tentu saja dalam parameter tertentu.

Ide awalnya berdasar pada makin canggihnya teknologi saat ini yang memungkinkan manusia menggunakan implant berbentuk chip yang memiliki banyak kegunaan. Ada chip yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan seseorang, sampai chip yang berfungsi untuk memonitor kesehatan orang tersebut. Dari sini, Mark Gasson kemudian berpikir bagaimana seandainya chip yang ada di dalam tubuh manusia tadi tertular virus dan bisa berakibat fatal pada kesehatan atau malah menyebabkan kematian?

Untuk membuktikannya, Mark memasang chip RFID yang memungkinkannya mengakses ponsel miliknya atau memasuki ruangan-ruangan tertentu dalam kantornya sekaligus bisa mengumpulkan data yang bisa diakses dari komputer dalam jaringan. Mark kemudian menginfeksi chip ini dengan virus dan hasilnya komunikasi antara chip ini dengan ponsel dan jaringan yang ada di kantornya terputus.

Ini membuktikan kalau chip yang terinfeksi bisa mengakibatkan kerusakan komunikasi dengan dunia luar. Dalam kasus medis, maka ini bisa berakibat fatal karena chip yang seharusnya memonitor kondisi kesehatan pasien bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mark juga berkesimpulan kalau chip yang terinfeksi ini bisa menular pada pengguna chip lain yang terhubung dalam jaringan yang sama.

Mark berharap para ilmuwan bisa menemukan solusi agar chip yang ditanamkan pada manusia bisa mengantisipasi kondisi terburuk ini. Sejauh ini memang belum pernah ada kejadian seperti yang digambarkan Mark namun skenario ini membuktikan bahwa itu bisa saja terjadi.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» Ikaros, Menjaring Energi Matahari

» Koneksi Internet Via LED

» Mengendalikan Robot Lewat Pikiran

» Operasi Jantung Dengan Robot Pertama Berhasil Dilakukan

» Otot Mekanis Hampir Jadi Kenyataan

3 thoughts on “Orang Pertama Yang Tertular Virus Komputer

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s