Penjualan Notebook Mencapai Titik Tertinggi Dalam 8 Tahun Terakhir

HP Mini 210Kuartal pertama 2010 ini tercatat sebagai tahun keemasan untuk notebook dan netbook. Bagaimana tidak, angka penjualan yang dicapai dalam tiga bulan pertama ini berhasil mencapai titik tertinggi yang pernah terjadi dalam delapan tahun terakhir ini. Namun di saat yang sama, muncul prediksi bahwa netbook akan mulai dilupakan orang dan ini akan jadi era terakhir peranti komputasi yang sempat jadi booming ini.

Menurut Cnet, Gartner baru saja melepas data statistik penjualan netbook notebook yang mengalami peningkatan sebesar 43,4% dibanding kuartal pertama tahun sebelumnya. Laporan ini juga senada dengan yang disampaikan Intel yang mengatakan laba mereka meningkat sampai 433% dan ini tak lepas dari penjualan mobile chip mereka. Dalam berita yang sama juga disebutkan kalau bisa jadi angka ini adalah angka tertinggi yang pernah mereka capai karena ada prediksi penjualan netbook akan mengalami kemerosotan dalam waktu dekat.

Tak bisa disalahkan memang karena netbook memiliki banyak kelemahan dan pasar mulai sadar akan batasan itu. Di saat yang sama, gempuran dari produsen notebook yang mulai menurunkan harga jual mereka juga akan berpengaruh pada penjualan netbook sendiri. Ancaman lain yang tak kalah besarnya adalah munculnya touchscreen tablet yang sekarang lagi ramai dibicarakan.

Sejauh ini iPad telah terjual lebih dari 1 juta unit dan diprediksikan akan ada 7,6 juta unit iPad yang terjual sampai tahun 2010 ini berakhir. Angka ini diprediksi tetap naik dengan perkiraan penjualan sebesar 42 juta unit di tahun 2014 nanti.

Source: Cnet

Artikel Lain:
» WarMouse Meta, Siap Tempur!

» Foldable Keyboard Muncul Lagi!

» Nokia Ikutan Bikin Touch Screen Tablet?

» Samsung Siapkan Tandingan iPad

» Fujitsu LifeBook T5010, Tawarkan Fleksibilitas

One thought on “Penjualan Notebook Mencapai Titik Tertinggi Dalam 8 Tahun Terakhir

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s