Layar OLED Yang Bisa Digulung

Rollable OLEDTeknologi punya kecenderungan untuk membuat barang yang sudah ada menjadi lebih kecil. Kalau dulu komputer bisa berukuran sebesar rumah, sekarang peranti komputasi itu bisa dijinjing ke mana pun kita pergi. Kecil memang belum tentu berarti nyaman dan karena itu pada saat barang yang sudah ada tak bisa dibuat lebih kecil maka dicarilah cara untuk membuatnya jadi lebih praktis. Contohnya layar OLED yang bisa digulung ini.

Beberapa waktu yang lalu kita sempat dibuat kagum saat keyboard yang bisa digulung mulai dipasarkan. Peranti input yang biasanya menyita ruang ini jadi bisa masuk ke dalam tas dengan mudah. Mungkin, berawal dari ide itulah Sony kemudian menggagas pembuatan layar OLED yang bisa digulung ini. Memang masih baru dalam tahap penelitian dan belum siap untuk dipasarkan namun dari hasil yang dipamerkan ini saja kita sudah bisa memprediksi bagaimana aplikasi produk ini di masa yang akan datang.

Layat seluas 4,1 inci yang dipamerkan oleh Sony ini adalah penggabungan dari beberapa teknologi yang telah ada sebelumnya. Sony menggabungkan organic film transistor dengan teknologi OLED dan memasangnya pada zat fleksibel setebal 20µm. Lembaran layar OLED ini juga bisa digulung selama diameter gulungannya tak lebih kecil dari 4mm. Karena masih dalam tahap penelitian maka spesifikasi yang ditawarkan oleh layar gulung ini juga belum bisa dikatakan mengagumkan. Layar ini hanya mampu menampilkan 16 juta warna dengan resolusi 432 x 240 pixel(121ppi). Tingkat brightness yang mampu dicapai sudah sampai pada angka 100nits sementara tingkat contrast sebesar 1.000:1 juga bisa dicapai dengan mudah.

Kalau teknologi ini sudah bisa dipasarkan dan harganya juga sudah terjangkau maka bisa jadi teknologi printing akan digeser oleh layar gulung ini. Poster-poster akan digantikan oleh layar OLED dan bahkan produk cetak lain yang sekarang masih ada bisa jadi akan digeser juga. Kita lihat saja nanti.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

» Robot Yang Pintar Memasak

» Pembangkit Listrik Tenaga Ganggang

» Brailect, Membantu Tunanetra Untuk Membaca

» Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s