Ikaros, Menjaring Energi Matahari

IkarosDulu, orang memanfaatkan energi angin untuk menggerakkan perahu atau kapal yang mereka buat dengan menggunakan layar. Sekarang alat transportasi sudah berkembang sangat pesat dan merambah ke daerah yang dulu hanya jadi impian manusia saja, luar angkasa. Namun meski sudah berhasil terbang jauh dari bumi, sepertinya manusia masih juga memanfaatkan konsep berpikir lama untuk mendapatkan energi buat alat transportasi mereka. Ikaros ini contohnya.

Ikaros ini adalah pesawat ruang angkasa yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Jepang. Uniknya, pesawat ruang angkasa ini berbeda jauh dengan pesawat luar angkasa lain yang sudah pernah dibuat manusia karena memiliki kemampuan menjaring energi dari sinar matahari. Cara yang digunakan pun sama uniknya. Ikaros yang sebenarnya adalah kependekan dari Interplanetary Kite-craft Accelerated by Radiation of the Sun ini memiliki layar yang digunakan untuk menjaring energi dari sinar matahari. Mirip fungsi layar pada perahu atau kapal.

Layar yang terbentang sepanjang 14 meter ini konon sangat tipis dan tak lebih tebal dari sehelai rambut manusia. Sinar matahari yang ditangkap oleh layar ini kemudian diubah menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai, sama persis dengan metode solar cell yang biasa kita temui. Tentu saja untuk membangun pesawat luar angkasa dengan konsep berpikir berbeda ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Kabarnya untuk membangun Ikaros diperlukan tak kurang dari U$16 juta.

Source: UberGizmo

Artikel Lain:
» Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

» Robot Yang Pintar Memasak

» Pembangkit Listrik Tenaga Ganggang

» Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

» Ada Trojan Dalam Charger Milik Energizer

One thought on “Ikaros, Menjaring Energi Matahari

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s