Nokia N8, Lebih Ramah Developer

Nokia N8Melihat spesifikasi yang ditawarkan, b sepertinya bermain di kelas atas lewat produk yang diberi nama N8 ini. Paling tidak smartphone sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang biasanya ada pada ponsel cerdas dari kelas high end. Terlepas dari fitur-fitur menarik yang ditawarkan itu, ada satu yang sebenarnya layak digarisbawahi. Keputusan Nokia untuk menyertakan dukungan Qt yang sangat berguna buat para pengembang aplikasi akan membuat ponsel ini jadi lebih kaya aplikasi dan menguntungkan pengguna, tentu saja.

Bentuknya menarik. Tak terlalu radikal namun tetap menarik dari sisi estetika. Warna yang ditawarkan juga cukup beragam dan membuat pengguna bisa memilih warna apa yang paling ia sukai. Seperti biasa, bagian depan didominasi oleh layar sentuh capacitive berukuran 3,5 inci sementara di bagian belakang yang dirancang mirip desain kamera terpasang kamera sebesar 12megapixel dengan lensa Carl Zeiss dan lampu flash berformat Xenon yang terang benderang.

Fitur lain yang juga diunggulkan Nokia kali ini adalah konektivitas HDMI, memory sebesar 16GB plus slot microSD card, kemampuan merekam video dalam format HD, akses ke aplikasi-aplikasi yang ada di Ovi Store, Ovi Maps, dan tentu saja sistem operasi baru Symbian^3. Seolah tak cukup dengan setumpuk fitur yang disajikan, Nokia masih menambahkan dukungan software Qt yang memudahkan para developer merancang aplikasi yang bisa digunakan pada platform berbeda dengan sedikit penyesuaian. Artinya, Nokia memberikan keleluasaan pada para pengembang aplikasi untuk membuat software sebanyak mungkin untuk ponsel cerdas ini.

Menurut jadwal rilis, Nokia N8 ini akan diedarkan mulai kuartal ketiga nanti dengan kisaran harga US$494.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Blokir Sinyal ponsel dengan Cell Phone Jammer

» Nokia Ikutan Bikin Touch Screen Tablet?

» Samsung Siapkan Tandingan iPad

» Nokia E72, Untuk Para Pebisnis

» BlackBerry Storm2, Perbaiki Fitur Layar Sentuh

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s