Koneksi Internet Via LED

LED_WiFiIde ini memang bukan termasuk ide spektakuler dalam artian akan mengubah standar koneksi internet nirkabel yang saat ini sudah ada. Bahkan bisa dibilang sebenarnya ini hanyalah bentuk alternatif dari koneksi data nirkabel yang mungkin bisa dimanfaatkan pada kondisi tertentu. Soal kecepatan, kabarnya para ilmuwan di China berhasil mencapai 2Mbps lewat koneksi ini. Tak terlalu buruk kan?

Kalau mau mundur sejenak, yang pertama kali digunakan orang mentransfer data lewat media yang tak terlihat adalah sinar inframerah. Transmisi data via inframerah saat itu adalah yang paling populer, mulai dari ponsel sampai notebook, semuanya menggunakan media ini sebagai alat transmisi data. Tentu saja ini masih memiliki kelemahan dan karena itulah dalam waktu singkat metode ini tergantikan oleh Bluetooth yang memiliki arah pancaran lebih luas.

Ini juga belum cukup dan orang mulai menggunakan Wi-Fi sebagai media transmisi data yang lebih andal karena mampu menembus dinding dan memiliki arah pancaran yang juga luas. Bila dibandingkan dengan LED, yang kurang lebih sama dengan cara kerja inframerah, teknologi yang baru dikenalkan ini memang seolah mundur ke belakang. Tapi coba pikirkan kalau seandainya LED yang terpasang bukan hanya mentransmisikan data namun juga berfungsi sebagai alat penerangan. Multifungsi kan?

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

» Robot Yang Pintar Memasak

» Pembangkit Listrik Tenaga Ganggang

» Brailect, Membantu Tunanetra Untuk Membaca

» Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s