Mengendalikan Robot Lewat Pikiran

RobotAnda pasti pernah melihat acara televisi yang menunjukkan bagaimana hebatnya mereka yang memiliki kemampuan hipnotis. Mereka bisa memerintahkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang kadang tak mungkin dilakukan oleh orang yang bersangkutan dalam keadaan sadar. Jepang, sebagai negara yang terkenal sangat gila robot, mencoba menciptakan teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengirim perintahnya untuk mengendalikan robot hanya dengan menggunakan pikiran.

Ini bukan proyek salah satu raksasa robot di Jepang saja. Kabarnya, Honda Toyota, dan Hitachi, semuanya terlibat dalam proyek ini. Target yang mereka pasang adalah satu dasawarsa. Artinya, bisa jadi dalam sepuluh tahun ke depan, orang tak lagi memerintahkan robot dengan menggunakan remote control atau suara namun sudah menggunakan pikiran. Kendala yang paling besar memang adalah pada cara untuk menerjemahkan pikiran menjadi sebuah perintah yang dikenali komputer dengan baik, entah itu berbentuk teks atau perintah lain.

Misi Jepang tidak hanya sampai di sana. Mereka juga berencana menciptakan teknologi yang memungkinkan robot mendeteksi kondisi manusia, baik itu rasa lapar, kedinginan, atau yang lebih bersifat emosional seperti kesepian misalnya. Dengan begitu, robot nantinya akan bisa menjadi teman manusia yang setia. Idealnya, nantinya kita tak lagi perlu khawatir kalau harus meninggalkan rumah sementara ada orang lanjut usia atau malah balita yang ada di rumah sendirian karena robot-robot ini akan menjaga mereka sekaligus memberikan bantuan bila diperlukan. Masalahnya, apakah manusia bisa melepas kepercayaan sepenuhnya pada robot?

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

» Robot Yang Pintar Memasak

» Brailect, Membantu Tunanetra Untuk Membaca

» Awas! Intel Bisa Membaca Pikiran Anda

» Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s