Operasi Jantung Dengan Robot Pertama Berhasil Dilakukan

Bedah JantungOperasi bedah dengan menggunakan robot memang bukan berita baru. Sebelumnya ahli bedah telah melakukan prosedur ini saat mereka melakukan pengangkatan tumor atau melakukan transplantasi ginjal. Sekarang, prosedur yang sama bisa dilakukan pada operasi jantung dan Dr. Andre Ng telah membuktikannya. Bahkan, kabarnya prosedur ini pun bisa dilakukan lewat internet dengan syarat koneksinya stabil.

Glenfield Hospital di Leicester tercatat sebagai rumah sakit pertama yang berhasil melakukan prosedur ini dengan sukses. Dengan menggunakan robot yang dibuat oleh Catheter Robotics, New Jersey, Dr. Andre Ng berhasil memasukkan elektroda yang terpasang pada catheter ke dalam jantung melalui pembuluh darah di selangkangan. Sebenarnya proses ini bisa dilakukan dengan cara manual namun selama ini dokter yang melakukan operasi selalu menghadapi risiko terkena sinar X untuk waktu yang cukup lama.

Bukan hanya bisa melakukan operasi jantung dengan menggunakan robot, Dr. Andre Ng juga mengatakan kalau prosedur ini juga bisa dilakukan dari jarak yang sangat berjauhan dengan menggunakan internet. “Selama koneksinya bisa diandalkan,” jawab Dr. Andre Ng saat ditanya soal kemungkinan ini. Artinya, untuk melakukan bedah jantung, dokter tak lagi harus berada di lokasi yang sama dengan si pasien.

Source: Engadget

Artikel Lain:
» Robot Yang Pintar Memasak

» Brailect, Membantu Tunanetra Untuk Membaca

» Awas! Intel Bisa Membaca Pikiran Anda

» Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

» Pil Pintar Yang Tak Suka Bohong

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s