Era Disket Sudah Berakhir

Sony Floppy DiskBagi yang baru mengenal komputer beberapa tahun belakangan ini, kata disket atau floppy disk barangkali adalah kata yang asing. Tak bisa disalahkan karena sejak munculnya CD dan flash disk, popularitas disket makin menurun. Salah satu alasan orang meninggalkan disket jelas adalah masalah kapasitas simpan dan rentannya media ini terhadap kerusakan. Setelah bertahan cukup lama, akhirnya disket harus menyerah dan membiarkan media lain menggantikannya.

Sony, yang selama ini masih memproduksi floppy disk berukuran 3,5 inci baru saja mengumumkan kalau mereka akan menghentikan produksi floppy disk mereka mulai bulan Maret 2011 nanti. Artinya, kalau Anda ingin membeli disket sebagai cenderamata, maka Anda harus cepat-cepat karena sebentar lagi disket sudah tamat riwayatnya.

Meski Sony bukan satu-satunya produsen floppy disk namun fakta bahwa 70% pangsa pasar floppy disk dikuasai perusahaan asal Jepang ini menegaskan kalau floppy disk akan segera menjadi barang langka. Sebelumnya Sony telah menghentikan pemasaran floppy disk di Amerika Serikat namun tetap bertahan memasarkan media simpan ini di Jepang. Terakhir Sony masih mampu menjual 12 juta keping disket selama satu tahun.

Floppy disk sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969 dan telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Floppy disk pertama kali muncul dalam ukuran 8 inci selanjutnya, pada tahun 1976, disket berukuran 5,25 inci mulai diperkenalkan. Floppy disk berukuran 3,5 inci sendiri mulai muncul tahun 1982 lalu.

Source: UberGizmo

Artikel Lain:
» Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

» Robot Yang Pintar Memasak

» Pembangkit Listrik Tenaga Ganggang

» Brailect, Membantu Tunanetra Untuk Membaca

» Internet Adalah Hak Dasar Manusia

3 thoughts on “Era Disket Sudah Berakhir

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s