Rust Sensor – Mendeteksi Karat, Menyelamatkan Nyawa

Rust DetectorTeknologi konstruksi saat ini sudah sangat maju dan memungkinkan manusia membangun jembatan dengan panjang ribuan meter. Dengan konstruksi besi dan baja, jembatan seperti ini dimaksudkan menghubungkan dua tempat yang dipisahkan sungai atau selat sehingga arus transportasi jadi lebih lancar. Yang sering jadi masalah adalah bukan membuat jembatan itu namun lebih pada perawatan dari jembatan tersebut yang membutuhkan ketelitian luar biasa. Kalau lengah sedikit saja maka nyawa akan jadi taruhan.

Karat mau tak mau adalah musuh besar konstruksi raksasa seperti jembatan. Karat bisa saja tak terdeteksi oleh mata awam dan baru terlihat setelah kondisinya sudah sangat buruk atau malah telah merenggut nyawa beberapa orang. Selama ini belum ada cara yang cukup efisien dan efektif untuk mendeteksi munculnya karat pada konstruksi besi sehingga mau tak mau pemeriksaan manual tetap harus dilakukan.

Sepertinya masalah itu sudah terselesaikan saat Fraunhofer Institute for Microelectronic Circuits and Systems IMS di Duisburg, Jerman menemukan alat pendeteksi karat ini. Alat kecil yang berfungsi mendeteksi munculnya karat ini nantinya akan dipasang langsung pada konstruksi jembatan dan akan mengirim sinyal kalau karat mulai muncul di bagian tertentu. Menariknya, alat ini menggunakan daya dari medan magnet yang artinya alat ini tak memerlukan penggantian sumber daya sampai jangka waktu yang sangat lama.

Source: UberGizmo

One thought on “Rust Sensor – Mendeteksi Karat, Menyelamatkan Nyawa

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s