Otot Mekanis Hampir Jadi Kenyataan

Ilustrasi

Ilustrasi

Perkembangan teknologi memang makin hari makin tak bisa dihentikan. Beberapa tahun yang lalu membayangkan membuat replika dari otot manusia adalah sesuatu yang mustahil namun kini impian itu hampir jadi kenyataan. Otot mekanis yang dirancang oleh para peneliti di MIT ini memang baru sampai pada tahap awal saja tapi dari sana saja sudah bisa diperkirakan perubahan yang akan terjadi bila teknologi ini sudah terwujud.

Pada dasarnya, konsep yang dibuat oleh para peneliti di MIT ini baru sampai pada tahap awal saja. Replika otot ini dibuat dari campuran logam yang bisa berubah bentuk bila dipanaskan. Dengan tebal kurang dari satu milimeter maka bisa dibayangkan betapa efisien penerapan konsep otot mekanis ini nantinya.

Memang sampai saat ini otot mekanis ini baru bisa merespon perbedaan suhu saja yang artinya belum sepenuhnya berfungsi seperti otot manusia. Namun dengan langkah awal ini tak akan terlalu mengejutkan kalau nantinya teknologi ini bisa digabungkan dengan teknologi lain dan hasilnya tak beda dengan kerja otot kita. Selain bisa diterapkan pada robot, siapa tahu pakar di bidang medis pun bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mengganti otot manusia yang rusak.

Source: UberGizmo

One thought on “Otot Mekanis Hampir Jadi Kenyataan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s