RMR PM580 Genesis, Misi Hyundai Pecahkan Rekor

RMR PM580 Genesis

RMR PM580 Genesis

Anda mungkin tak percaya kalau gambar di samping ini adalah gambar mobil buatan Hyundai. Sulit dipercaya memang karena Hyundai selama ini tidak pernah identik dengan kata racing. Nyatanya mobil yang diberi nama RMR PM580 Genesis ini memang dibuat berdasarkan Hyundai Genesis. Tujuannya, untuk memecahkan rekor mendaki puncak Pikes Peak.

RMR PM580 Genesis ini adalah hasil kerja sama Hyundai, Red Bull Racing dan Rhys Millen yang berambisi merebut gelar tercepat dari tangan Nobuhiro ‘Monster’ Tajima. Nobuhiro Tajima tercatat berhasil menempuh tanjakan ini dalam waktu 10:01,408 dengan menggunakan Suzuki Sport XL7 di tahun 2007 lalu. Sebelumnya, rekor menempuh jarak 12,42 ke puncak Pikes ini dipegang oleh ayah Rhys Millen selama tiga belas tahun.

Hyundai memang keberatan melepas spesifikasi detail dari RMR PM580 Genesis namun ada dugaan kalau mobil ini dibuat berdasarkan Genesis Coupe. Tentu saja berbagai perbaikan harus dilakukan karena misi yang akan ditempuh Rhys ini bukanlah misi main-main.

RMR PM580 Genesis ini menggunakan mesin V-6 milik Hyundai. Mesin yang semula berkapasitas 3.800cc pun didongkrak hingga mencapai 4.100cc. Mesin yang dilengkapi dengan turbocharger dan intercooler ini kini mampu menghasilkan tenaga sebesar 750 daya kuda atau kurang lebih 2,5 kali versi coupe-nya. Untuk memastikan RMR PM580 Genesis ini bisa mencapai titik finish di ketinggian 4.300 meter, sistem penggerak empat roda pun dipasang.

Source: Car and Driver

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s