Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

Humdinger Wind Turbine

Humdinger Wind Turbine

Menghasilkan energi listrik dari tenaga angin dengan peranti mungil memang tak pernah mudah. Saat ini, untuk menghasilkan energi yang cukup besar diperlukan kincir angin berukuran besar untuk mendapatkan tenaga angin yang cukup besar. Tapi terobosan yang dilakukan oleh Humdinger Wind Energy LLC ini sepertinya cukup menjanjikan dan bisa jadi akan mengubah sisi pandang kita selama ini dalam mendulang energi dari kekuatan alam.

Alat yang disebut The microBelt ini berukuran cukup kecil, tak beda dengan ukuran kamera saku yang beredar saat ini. Meski tak dijelaskan berapa besar energi listrik yang bisa dihasilkan alat ini namun Humdinger Wind Energy LLC menjanjikan kalau alat ini mampu menghasilkan energi listrik sepuluh kali lebih efisien dari alat lain yang berukuran sama.

Konsepnya memang sedikit lain dari cara yang umum digunakan untuk mengubah angin menjadi energi listrik. Bila biasanya orang menggunakan kincir angin untuk memutar turbin, alat ini justru menggunakan membran atau selaput yang akan bergetar bila ada angin bertiup melewatinya. Konon dengan sistem ini maka peranti penghasil energi listrik ini bisa bertahan lebih lama. Diperkirakan alat ini bisa bertahan sampai 20 tahun lebih.

Humdinger Wind Energy LLC sendiri bermaksud menerapkan sistem ini pada peranti elektronik yang umum digunakan di rumah seperti pemanas dan AC. Memang sejauh ini belum dijelaskan berapa harga yang dipatok untuk teknologi ini namun bisa diperkirakan kalau harga pembangkit listrik mungil ini tak akan lebih mahal dari panel solar cell yang sekarang umum digunakan.

Source: UberGizmo

One thought on “Mendulang Energi Dengan Peranti Mini

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s