Pebble, Konsep Ponsel Yang Sangat Ringkas

Pebble Mobile Phone

Pebble Mobile Phone

Desain memang soal selera tapi justru kadang inilah masalah yang sering dihadapi pabrikan peranti elektronik. Mereka menghadapi tantangan membuat produk dengan fitur lengkap, desain yang menarik, sekaligus nilai ergonomis yang tinggi. Kadang memang harus ada yang dikorbankan untuk bisa mencapai produk yang paling optimal. Bicara soal desain, konsep Pebble yang ditawarkan oleh desainer asal Inggris ini memang menarik meski tentu saja masih ada beberapa kelemahan.

Idenya sederhana. Membuat ponsel yang ringkas dengan desain yang menarik. Pebble ini memang ringkas. Dalam keadaan tertutup, layarnya tak terlihat karena masuk ke bagian dalam dan yang terlihat hanyalah deretan tombol yang ada di bagian depan. Masalahnya, tidak jelas bagaimana kita bisa tahu siapa yang sedang menghubungi kita kalau tidak ada layar di bagian depan?

Soal nilai ergonomis, bentuk lengkung ponsel ini sepertinya membuat ponsel ini jadi nyaman digenggam sekaligus nyaman pula digunakan. Bentuk lengkungnya membuat posisi speaker di telinga dan mic di mulut jadi lebih optimal sementara form factor slider-nya juga membuat ponsel ini jadi cukup panjang saat digunakan namun jadi ringkas saat disimpan. Selain itu, deretan tombol-tombol pada keypad-nya juga cukup besar dan tak akan menyulitkan saat dioperasikan.

Sebagian besar fungsi dapat diakses dari layar sentuh yang ada di bagian tengah. Sayangnya, untuk mencapai simplicity ini desainer Jamie Lawrence terpaksa harus membuang fungsi-fungsi multimedia. Memang selalu ada yang harus dikorbankan.

Source: UberGizmo

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s