YeZ, Mobil Konsep yang Menghasilkan Oksigen

YeZ

YeZ

Tak bisa dipungkiri kalau salah satu penyebab polusi udara adalah kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak bumi. Pembakaran yang dilakukan oleh mesin kendaraan bermotor menghasilkan CO2 dan jumlah kendaraan yang makin hari makin banyak justru tidak memperbaiki kondisi yang sudah buruk. Alat transportasi jelas tak mungkin ditinggalkan sementara polusi juga harus dihentikan. Solusinya barangkali adalah YeZ, mobil konsep yang ditawarkan General Motors ini.

Jangan lihat bentuknya yang lucu dulu. Ini baru sekedar konsep dan pasti akan melalui tahap perbaikan desain kalau seandainya mobil ini masuk tahap produksi. Yang lebih penting adalah proses kerja mobil ini yang sangat ramah lingkungan. YeZ ini tidak menggunakan bahan bakar minyak. Listrik yang digunakan sebagai daya utama juga dihasilkan sendiri oleh mobil ini. Hebat kan?

SAIC dan GM memang baru sampai tahap penelitian saja dan masih harus melakukan banyak pertimbangan sebelum bisa memproduksi mobil ini. Konsepnya, listrik dihasilkan dari panel solar cell yang ada di atapnya digabung dengan tenaga listrik yang dihasilkan dari kincir angin yang dipasang pada keempat rodanya. Listrik dari dua sumber energi ini kemudian disimpan dalam baterai yang akan digunakan untuk memberi daya motor listrik yang digunakan YeZ ini.

Bukan hanya itu, panel solar cell yang menempel pada atapnya tidak hanya mengubah energi sinar matahari menjadi listrik namun juga menangkap CO2 yang ada di sekitarnya dan melepas O2 atau oksigen murni ke udara lepas. Benar-benar ramah lingkungan.

Source: UberGizmo

One thought on “YeZ, Mobil Konsep yang Menghasilkan Oksigen

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s