Pembangkit Listrik Tenaga Ganggang

Algae

Algae

Salah satu penelitian yang tak pernah henti dilakukan adalah mencari cara untuk menggantikan fungsi minyak bumi dan menemukan cara untuk menghasilkan listrik dengan cara yang ramah lingkungan. Well, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang berhasil menghasilkan listrik dengan menggunakan ganggang. Kalau ini metode ini bisa dibuat efisien dan efektif maka akan ada alternatif pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

Para peneliti dari Stanford University berhasil menghasilkan listrik dari ganggang dengan cara menanamkan elektroda ke dalam selaput sel dari ganggang tersebut. Ide dasarnya adalah menghasilkan listrik dari aktivitas elektron dalam sel ganggang atau alga ini. Entah seberapa efisien dan efektif cara ini namun yang pasti metode ini sudah berhasil dan tidak menimbulkan dampak buruk pada lingkungan.

Caranya, para ilmuwan ini memasukkan elektroda yang terbuat dari emas melewati selaput sel dan kemudian menutup rapat-rapat sel ini beserta elektroda emas tadi. Hasilnya, sel tetap hidup dan tetap melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan energi kimia. Kabarnya, proses ini juga menghasilkan proton dan oksigen yang artinya proses ini tidak akan berdampak buruk pada lingkungan.

Source: UberGizmo

One thought on “Pembangkit Listrik Tenaga Ganggang

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s