Brailect, Membantu Tunanetra Untuk Membaca

Brailect

Brailect

Mata adalah salah satu indera yang sangat berharga. Tanpa kita sadari, indera penglihatan sebenarnya sangat membantu kita dalam aktivitas sehari-hari. Bayangkan bagaimana sulitnya saudara-saudara kita yang tak memiliki indera penglihatan dalam beraktivitas. Membaca, contohnya, buat mereka yang memiliki indera lengkap bukanlah masalah yang sulit namun beda lagi dengan mereka yang tak memiliki indera penglihatan. Mereka harus mengandalkan buku-buku yang dicetak dalam huruf braille. Tapi dengan ditemukannya peranti baru ini maka hambatan itu sepertinya akan terselesaikan.

Alat yang disebut Brailect ini pada dasarnya adalah alat yang berfungsi mengubah deretan huruf biasa menjadi huruf braille atau malah mengkonversinya menjadi suara agar bisa dipahami oleh para tunanetra. Konsep ini memang sangat sederhana namun buktinya selama ini belum ada alat yang bekerja dengan cara ini.

Brailect sendiri berbentuk seperti sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor di bagian bawahnya. Sensor inilah yang menangkap huruf-huruf yang ‘dilewatinya’ dan mengirimnya ke prosesor yang bekerja menerjemahkan huruf-huruf ini menjadi huruf braille atau suara yang dapat didengarkan dengan menggunakan earphone. Sederhana bukan? Tapi bayangkan manfaatnya buat mereka yang selama ini sangat tergantung pada buku-buku yang sudah dicetak dalam huruf braille.

Source: UberGizmo

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s