Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

Bionic Eye

Bionic Eye

Sejauh ini memang belum ada sebuah teknologi yang mampu menggantikan mata manusia dan dapat diaplikasikan secara efektif dan efisien. Namun setelah melakukan serangkaian penelitian yang cukup panjang, beberapa ilmuwan berhasil menemukan cara yang cukup efisien untuk mereplika kerja mata manusia ini. Bila terwujud nanti maka akan ada harapan buat penderita tuna netra untuk bisa melihat lagi.

Para peneliti dari Bionic Vision Australia baru-baru ini mengabarkan kalau mereka berhasil membangun prototype mata bionic yang terdiri dari sebuah implant yang ditanam pada bagian belakang bola mata dan satu set kacamata yang dilengkapi dengan kamera dan satu unit pengolah data yang berukuran cukup kecil. Kabarnya, sejauh ini hasil yang dicapai alat ini memang belum sepenuhnya sempurna namun ini bisa jadi pembuka jalan untuk penelitian selanjutnya.

Belum banyak detail yang dilepas oleh Bionic Vision Australia namun dari gambar yang beredar bisa diperkirakan kalau alat yang masih berbentuk prototype ini bekerja dengan cara mengirimkan gambar yang ditangkap kamera yang ada di bagian depan kacamata ke arah bionic implant yang di tanam pada bola mata. Sebelum dikirim, gambar yang ditangkap kamera diolah terlebih dulu menjadi signal yang dapat dikenali oleh bionic implant. Selanjutnya, data yang ditangkap oleh implant ini akan digunakan untuk memberi rangsangan pada retinal neuron yang kemudian mengirim informasi ini ke otak.

Source: UberGizmo

2 thoughts on “Teknologi Mata Bionik Hampir Jadi Kenyataan

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s