Pil Pintar Yang Tak Suka Bohong

Smart Pill

Smart Pill

Minum obat memang tak pernah menyenangkan. Apalagi buat mereka yang harus menjalani perawatan dalam jangka panjang. Waktu minum obat adalah saat-saat paling menjengkelkan buat mereka. Padahal kalau dipikir-pikir ini juga demi kebaikan mereka sendiri. Tahu kalau banyak pasien yang ‘curang’ dengan mengatakan mereka telah meminum obat mereka padahal belum, para dokter pun berusaha mencari cara agar ‘misi’ mereka tercapai.

Para peneliti di University of Florida akhirnya menemukan satu solusi. Mereka lantas membuat pil pintar yang akan memberi tahu dokter jika ada pasien yang tak meminum obat mereka. Cara kerjanya sederhana. Dalam masing-masing pil sudah dipasang microchip dan antena yang akan mengirim sinyal kepada dokter atau anggota keluarga pasien setiap kali si pasien tak meminum obat mereka.

Saat ini pil pintar ini memang masih dalam tahap prototype namun para ilmuwan dan dokter melihatnya sebagai salah satu solusi paling efisien untuk mengatasi pasien nakal ini. Semoga saja penambahan microchip ini tidak membuat harga jual obat jadi semakin tinggi mengingat biaya pengobatan saat ini sudah cukup tinggi.

Source: UberGizmo

2 thoughts on “Pil Pintar Yang Tak Suka Bohong

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s