KTM Produksi Motor Listrik

KTM Freeride

KTM Freeride

Ada yang aneh dengan gambar motor di sebelah? Kalau Anda teliti, motor ini memang agak aneh karena ada beberapa komponen utama motor seperti knalpot dan tangki bahan bakar yang sepertinya tak ada. Ini bukan karena motor ini masih berstatus prototype namun karena motor ini memang bekerja dengan motor listrik dan bukannya mesin seperti yang biasa terpasang pada motor konvensional.

KTM memang saat ini sedang mengembangkan prototype motor yang bekerja tanpa bahan bakar minyak. Ada dua buah prototype yang sempat dipamerkan pabrikan otomotif asal Austria saat Tokyo Motorcycle Show kemarin. Dua versi ini adalah versi enduro dan versi supermoto yang masing masing dilepas dengan harga 9.800 Poundsterling.

Pada dasarnya, kedua motor ini memiliki arsitektur yang sama. Artinya, kerangka menggunakan konstruksi delta box dengan motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 10 daya kuda. Motor listrik ini bekerja dengan daya yang diperoleh dari baterai lithium ion yang terpasang pada motor ini.

Meski daya yang dihasilkan motor listrik yang terpasang tak bisa dibilang besar namun KTM memberikan kompensasi dengan menurunkan bobot total motor hingga mencapai 90kg saja sehingga motor yang diberi nama Freeride ini masih mampu mengimbangi performa motor konvensional dengan mesin 125cc. Yang pasti, dengan motor listrik maka tidak ada emisi dari sisa pembakaran bahan bakar dan motor ini jadi sangat ramah lingkungan.

Berminat? Freeride ini kabarnya akan siap dipasarkan sekitar tahun 2011 nanti. Jadi, kita tunggu saja.

Source: Motor Cycle News

2 thoughts on “KTM Produksi Motor Listrik

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s