Geolocation, Lindungi Email Dari Hacker

gmail

gmail

Saat ini, hampir sebagian besar fungsi surat-menyurat sudah diakomodasi oleh email. Selain lebih efisien dalam pengarsipan, email juga relatif lebih cepat ketimbang surat-menyurat tradisional. Tentu saja kemudahan ini juga punya titik lemah seperti keamanan misalnya. Dengan meletakkan dokumen penting di server email, ada kemungkinan tangan-tangan jahil juga ikut membuka surat-surat penting kita. Tapi tak perlu terlalu risau karena Google sudah memperhitungkan itu dan menambahkan fitur keamanan lain dalam layanan email gratis miliknya.

Pengguna Gmail pasti tahu kalau selama ini Google menyediakan fitur keamanan berupa kemungkinan melacak siapa saja yang membuka email Anda, lengkap dengan waktu akses, dalam bentuk alamat IP yang biasanya ditempatkan di bagian bawah dari halaman Gmail. Seolah belum lengkap, Google menambahkan lagi fungsi geolocation untuk memperkuat fitur keamanan ini.

Secara sederhana bisa digambarkan bahwa fitur ini akan memberitahukan kalau ada dua kali login dengan IP berbeda yang secara fisik berada di lokasi yang berjauhan dalam waktu yang tak terlalu lama. Bila ini terjadi, maka banner berwarna merah akan muncul dan Anda bisa memberikan konfirmasi apakah login ini memang atas sepengetahuan Anda atau tidak. Google kemudian akan menawarkan link yang akan membawa Anda ke halaman untuk mengubah password bila login tersebut memang dilakukan oleh para hacker. Untuk sementara, fitur ini baru diberikan pada pengguna individual saja namun dalam waktu dekat Google berjanji akan memberikan fitur yang sama pada pengguna Google Apps.

Source: CNN

One thought on “Geolocation, Lindungi Email Dari Hacker

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s