EN-V, Konsep City Car Masa Depan

Gencarnya pemberitaan bahwa cadangan bahan bakar dunia mulai menipis seiring dengan makin rusaknya atmosfer bumi karena emisi gas buang alat transportasi membuat pabrikan mobil mulai berlomba-lomba membuat mobil yang lebih ramah lingkungan. Dampaknya, mobil pun makin mengecil dengan kapasitas mesin yang juga mungil. GM, sebagai salah satu pemain lama dalam bisnis otomotif kembali menawarkan konsep city car masa depan yang murni menggunakan daya listrik sebagai sarana penggeraknya.

EN-V

EN-V

Disebut EN-V, mobil ini hanya mampu mengakomodasi dua orang dewasa saja. Tak banyak memang, tapi sepertinya GM memprediksi bahwa di masa depan orang akan jadi semakin egois dan tak mau berbagi dengan banyak orang. Benar atau tidak, yang pasti EN-V ini punya desain yang ‘sangat tidak konvensional’. Hanya ada dua roda di kiri dan kanan sementara bodi mobil lebih mirip pion catur.

Kependekan dari Electric Networked-Vehicle, EN-V ini menggunakan motor listrik dengan baterai yang dapat diisi ulang dengan cara menghubungkan ke sumber daya listrik rumahan. Untuk sekali isi ulang, baterai ini mampu menyuplai daya untuk bepergian sejauh 40kb. Jadi kalau jarak tempuh harian Anda kurang dari 40km maka artinya Anda sama sekali tak mengkonsumsi bahan bakar. Tentu saja Anda masih harus membayar tagihan listrik untuk mengisi ulang baterai EN-V ini.

Teknologi yang disematkan pun cukup menarik. Kabarnya EN-V ini bisa ‘berjalan sendiri’ dengan menggunakan fasilitas GPS yang terpasang di dalamnya. Anda juga bisa memberikan izin untuk rekan sesama pemilik EN-V untuk mengetahui keberadaan Anda, selama Anda tak keberatan dimata-matai. Yang pasti, EN-V ini menawarkan konsep mobil kota yang ringkas, tak memakan ruang parkir terlalu banyak, bisa bermanuver dengan lincah, dan tak mengkonsumsi bahan bakar minyak.

Source: Engadget

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s