Metallica Vs. Guns N’ Roses, Siapa Yang Lebih Ngetop?

Tak bisa disangkal kalau Metallica dan Guns N’ Roses adalah dua nama legendaris di dunia musik rock. Tapi apakah pernah terlintas di benak Anda siapa sebenarnya di antara dua band besar ini yang paling banyak menjual album? Ternyata dari data statistik, Metallica berada di posisi yang lebih tinggi, setidaknya di Amerika sana.

Metallica

Metallica ©Billboard

Beberapa hari yang lalu ada seorang pembaca majalah Billboard versi online yang sempat mengajukan pertanyaan ini dan dijawab oleh redaksi majalah musik ini dengan data statistik lima belas besar band dengan penjualan album terbanyak. Dari data tersebut terlihat kalau Metallica berada di posisi kedelapan sementara Guns N’ Roses hanya berada di posisi ketiga belas saja.

Dari data yang diperoleh dari Recording Industry of America (RIAA), Metallica ternyata berhasil menjual 59 juta keping album sepanjang karier mereka yang dimulai tahun 1983 sementara Guns N’ Roses hanya menjual sebanyak 43,5 juta keping album sejak tahun 1987. Dan seperti bisa diprediksi, dua posisi teratas diduduki oleh band legendaris The Beatles dan Led Zeppelin. Daftar 15 besar band rock dengan penjualan album terbanyak adalah seperti di bawah ini.

1. The Beatles (170 juta)
2. Led Zeppelin (111,5 juta)
3. Eagles (100 juta)
4. Pink Floyd (74,5 juta)
5. AC/DC (71 juta)
6. Aerosmith (66,5 juta)
7. The Rolling Stones (66 juta)
8. Metallica (59 juta)
9. Van Halen (56,5 juta)
10. U2 (51,5 juta)
11. Fleetwood Mac (48,5 juta)
12. Journey (47 juta)
13. Guns N’ Roses (43,5 juta)
14. Santana (43 juta)
15. Bob Seger and the Silver Bullet Band (41 juta)

Source: Billboard

24 thoughts on “Metallica Vs. Guns N’ Roses, Siapa Yang Lebih Ngetop?

    • Correct. Membandingkan karya seni memang sebuah usaha yang hampir mustahil karena masing-masing punya nilai yang berbeda. Informasi ini hanya memberi gambaran prestasi mereka dilihat dari sisi industri musik.

      Like

  1. klu guns mulai karir mreka taun 83 & sampe skrg lum bubar, mungkin metallica yg akan dibawah. Paling ga guns brada tepat dibelakang fab four. Karna band liverpool ini kagak akan terkalahkan oleh band manapun (smp kapanpun?!?) 🙂 get inthe ring!

    Like

    • Sekedar informasi, Guns N’ Roses didirikan tahun 1985 dan mereka tidak pernah resmi bubar sampai saat ini. Bahkan mereka mengeluarkan album terakhir mereka yang berjudul CHINESE DEMOCRACY tahun 2008 lalu. Yang ada hanyalah mereka vakum karena personil selain Axl Rose mengundurkan diri setelah album THE SPAGHETTI INCIDENT? tahun 1993. Soal The Fab Four alias The Beatles, mereka ini memang susah digeser karena mereka muncul sebagai band revolusioner dan menjadi sumber inspirasi buat hampir semua band yang ada setelah mereka. Memangdingkan band manapun dengan The Beatles sepertinya memang agak susah. Anyway, makasih sudah mampir dan berbagi opini.

      Like

    • enak aja u kalo ngomong,gnr ngeluarin album paling sedikit diantara mereka dan juga band yg paling muda,seandainya gnr masih ada slash dan masih aktif sampe skrg pasti dia ada di posisi teratas
      mereka pernah di juluki band no 1 di dunia,the most dangerous band on the world dan album appetite mereka pun menjadi album perdana terlaris sepanjang masa

      Like

  2. apakah data ini valid??
    setau gue scorpion aj ud mencetak 100jt kopi di akhir karirnya..
    dan mohon maaf,kalo gnr cm sgitu,band rock asal jepang B’Z pnya raihan lebih baik dengan total album 79jt kopi dari tahun 88 hingga saat ini..

    Like

    • apakah benar b’z 75 juta , anda kan meragukan data yg di atas , jdi jgn bandingkan b’z sama gnr , krna ga pantas sama sekali

      Like

  3. gue rasa ni yg bikin blog salah nulis,
    soalnya gw liat di wikipedia Metallica & Gun’s N Roses sudah sama-sama terjual semua albumnya sampai 100 Juta copy dari awal karier mereka – sekarang,
    Klo Beatles 500 Juta album lebih,

    Like

  4. coba kalau GNR se usia sama Metallica ? mungkin nama Metallica gak se tenar seperti sekarang ini lho… coz metallica tu menang STAR AWAL DOAK… coba bandingkan Metallica sama The Beatles ??? TIMPANG BANGET KN ?? nah, begitu juga dengan GnR… namun kalau soal kualitas music, saya rasa jauh dunK… Guns N Roses is Most wanted band in the world…!

    Like

What do you think?