McLaren Siap Produksi Supercar Sendiri

Munculnya berita bahwa McLaren akan segera memproduksi supercar dengan nama MP4-12C memang sempat mengejutkan para pengamat otomotif. Bagaimana tidak, pada saat Mercedez-Benz dan AMG sedang mempersiapkan supercar mereka maka hampir bisa dipastikan kalau kali ini McLaren akan bekerja sendiri untuk memproduksi supercar yang sementara ini diberi code name P11 ini.

McLaren MP4-12C

McLaren MP4-12C ©Cnet

Cnet menilai langkah ini sebagai langkah nekat karena memproduksi mobil seharga US$200 ribu di era resesi seperti ini memang bukanlah keputusan bijak. Nyatanya, ini tak menghalangi McLaren mewujudkan impiannya memproduksi supercar. Menurut bocoran, mobil super ini akan diproduksi mulai musim semi tahun depan dan hanya akan diproduksi sebanyak seribu unit saja.

Data sementara menyebutkan kalau MP4-12C ini akan menggunakan mesin twin turbo 3.8-liter V-8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 600 daya kuda. McLaren mengklaim bahwa mobil ini nantinya akan mampu mencapai kecepatan lebih dari 320km per jam sementara akselerasi dari titik 0 ke 200km per jam bisa dicapai dalam waktu kurang dari 10 detik saja. Kuncinya, McLaren akan menggunakan kerangka yang terbuat dari serat karbon yang mereka sebut MonoCell panel bodi akan tetap dibuat dari aluminium untuk meningkatkan aerodinamis.

McLaren juga menyebutkan kalau tingkat emisi karbon mobil ini nantinya akan berkisar pada angka 300 gram per kilometer. Angka ini memang bukan angka yang spektakuler pada saat pabrikan lain berusaha bertahan di bawah 100 gram per kilometer namun McLaren menjanjikan bahwa untuk perhitungan gram per daya kuda, MP4-12C ini akan lebih bagus, bahkan lebih bagus dari angka yang dicapai Toyota Prius.

Source: Cnet

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s