Nokia E72, Untuk Para Pebisnis

Nokia E72

Nokia E72 ©nokia

Nokia E series memang ditargetkan untuk konsumen pebisnis dan tak mengherankan jika fitur-fitur yang ditawarkan smartphone dari seri ini memang berbau bisnis. Meski di awal kemunculannya E series memiliki bentuk yang standar namun sejak Nokia E61 maka desain ponsel cerdas seri ini mulai mengadaptasi desain BlackBerry. Kemiripan dengan BlackBerry itu makin terasa kental saat E63 dan E71 muncul. Sebagai generasi penerus E71, Nokia E72 ini nyaris tak bisa dibedakan dengan pendahulunya tersebut.

Secara fisik memang keduanya hanya memiliki sedikit perbedaan saja. Dimensi kedua ponsel cerdas ini nyaris sama walaupun karena pengaruh desain, E72 terlihat lebih lebar. Layar TFT yang digunakan kedua smartphone ini juga berukuran sama dan hanya desain tombol dan jajaran kunci pada keyboard QWERTY-nya saja yang berbeda, terutama bentuk tombol spasinya saja yang lebih kecil.

Nokia E72

Nokia E72 ©nokia

Satu yang terlihat berbeda adalah tombol navigasinya yang kini menggunakan tombol optical mirip trackpad optical pada BlackBerry Bold 9700. Karena layar yang digunakan tetap sama dengan Nokia E71 maka tampilan jelas tak berbeda sana sekali dengan ponsel yang digantikannya. Dengan ukuran diagonal 2,36 inci, ukuran layar E72 bisa dibilang terlihat kecil untuk ukuran smartphone baru yang rata-rata menggunakan layar 3 inci.

Nokia tetap mempercayakan sistem operasi pada Symbian OS meski kali ini yang dipasang adalah Symbian OS 9.3 Series 60 v3.2 UI. Dengan sistem operasi ini maka secara otomatis Quickoffice suite dan Adobe PDF viewer sudah terinstal. Sebagai tambahan, Nokia masih menanamkan aplikasi Ovi Store plus Nokia Messaging untuk mengurusi soal email.

Bagian dalam Nokia E72 ini memang tak banyak berubah dari E71 namun perubahan yang dibawa bersifat fundamental dan karenanya berpengaruh cukup signifikan dari sisi performa. Prosesor yang semula menggunakan ARM 11 369 MHz diganti dengan ARM 11 600 MHz sehingga kinerjanya lebih bisa diandalkan. Kamera diganti dengan yang berukuran 5 megapixel sementara dukungan konektivitas HSDPA ditingkatkan sampai 10,2 Mbps.

Yang pasti, buat mereka yang mencari smartphone yang memenuhi syarat disebut ponsel cerdas untuk pebisnis, Nokia E72 ini bisa jadi pertimbangan yang menarik. Bila berminat, Nokia menawarkan ponsel cerdas ini dengan harga jual sekitar US$470 atau kurang lebih setara dengan Rp4,3 jutaan.

SPESIFIKASI
Network : GSM 850/ 900/ 1800/ 1900, HSDPA 900/ 1900/ 2100
Data : GPRS Class 32, EDGE Class 32, HSDPA 10.2 Mbps
Operating System : Symbian OS 9.3, Series 60 v3.2 UI
Screen : 2.36 inches TFT, 16M colors
Camera : 5 megapixel
Multimedia : WMV/RV/MP4/3GP/MP3/WMA/WAV/RA/AAC/M4A player
Memory : 250 MB ROM, 128 MB RAM, microSD slot
Connectivity : Wi-Fi 802.11 b/g, Nokia VoIP 3.0, Bluetooth, USB
Dimension : 114 x 58 x 10 mm
Other Features : QWERTY keyboard, Five-way scroll key, Accelerometer, Optical trackpad, 3.5 mm audio jack, Stereo FM radio, GPS
Release Date : October 2009
Official Site : http://www.nokia.co.id

Source: Nokia

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s