Volkswagen Turunkan NCC di Kelas Hybrid

Bila beberapa puluh tahun yang lalu pabrikan otomotif berlomba menciptakan kendaraan yang paling jago dipakai ngebut, maka trend yang muncul belakangan ini adalah membuat mobil yang paling efisien mengkonsumsi bahan bakar. Penyebabnya, selain kesadaran bahwa cadangan minyak bumi makin menipis juga munculnya regulasi soal emisi gas buang. Sebagai pemain lama, wajar kalau Volkswagen juga ikut bermain di pasar baru ini.

VW NCC Hybrid Concept

VW NCC Hybrid Concept

Salah satu konsep yang ditawarkan Volkswagen dalam acara Los Angeles Auto Show dan Frankfurt Auto Show adalah mobil konsep yang mereka sebut Volkswagen NCC Hybrid Concept ini. Bicara soal konsep, Volkswagen sepertinya cukup rendah hati terbukti dengan desain mobil yang tergolong konvensional dengan nama yang juga tak terlalu menyolok. Kabarnya, NCC ini adalah kependekan dari New Compact Coupe.

Dari dimensi, diperkirakan kalau NCC Hybrid Concept ini menggunakan platform yang sama dengan Volkswagen Jetta. Dengan dimensi 78,5 x 70,1 x 55,6 inci dan wheelbase sepanjang 104,4 inci, NCC Hybrid Concept ini mampu menampung empat penumpang dengan kapasitas bagasi sebesar 13 cubic feet.

Bocoran dari Car and Driver juga menyebutkan kalau Volkswagen akan memasang mesin empat silinder segaris lengkap dengan turbocharge berkapasitas 1,4 liter yang mampu mengasilkan daya sebesar 148 daya kuda dipadu dengan motor listrik yang mampu menyuplai daya sebesar 27 daya kuda. Transmisi yang akan digunakan adalah transmisi DSG automated manual dengan dual clutch dengan tujuh gigi percepatan. Kalau diperlukan, NCC Hybrid Concept ini mampu melaju hingga kecepatan 225km/jam lebih dengan kecepatan akselerasi 0 – 100km/jam sekitar 8,1 detik.

Baterai lithium ion berkemampuan 1,1 kWh dipasang di bagian belakang mobil dan baterai ini akan melakukan proses pengisian bila rem mobil diinjak seperti pada kebanyakan mobil hybrid. Dengan kemampuan automatic engine stop/ start, mobil ini mampu mencapai tingkat efisiensi hingga 15km/ liter. Cukup irit untuk ukuran mobil Eropa.

Source: Car and Driver

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s