Suzuki Splash, Dirancang Dengan Selera Eropa

Suzuki Splash

Suzuki Splash ©suzuki

Berawal dari mobil konsep yang dipamerkan dalam acara Paris Auto Show di tahun 2006 Suzuki lantas membuat versi produksi Suzuki Splash ini di tahun berikutnya dan memajangnya dalam acara Frankfurt Auto Show. Seperti kebanyakan mobil konsumsi dalam kota yang beredar saat ini, Splash memiliki karakteristik kecil, ramah lingkungan, dan tentu saja hemat bahan bakar.

Hasil kerja sama antara Suzuki dengan Opel ini lantas diproduksi sebagai versi tahun 2008 dan ditargetkan untuk pasar Eropa yang memang sedang dilanda demam city car. Karakteristik pun disesuaikan dengan selera pasar Eropa yang menuntut ruang kabin yang lapang, bentuk yang compact, desain modern, tingkat aerodinamis yang tinggi, kualitas, performa, dan tingkat keramahan lingkungan yang tinggi.

Suzuki Splash

Suzuki Splash ©suzuki

Dilepas dalam segmen city car, Splash ini memang relatif terlihat menjulang tinggi. Dengan tinggi bodi sekitar 1,6 meter, mobil ini memang menjanjikan ruang kabin yang nyaman buat mereka yang bertubuh tinggi. Panjang dan lebar bodi pun memadai sehingga penumpang tidak harus berdesakan atau merasa terganggu lantaran ruang untuk kaki yang terlalu sempit.

Desain Splash sendiri tergolong sangat simple. Dari samping bodi bagian belakang terlihat seolah lebih tinggi dari bagian depan sehingga membawa kesan seolah mobil ini sedang melaju cepat meski dalam keadaan sedang diparkir. Bagian samping ini nyaris bersih dari kontur kecuali dua garis lembut yang memanjang dari bagian depan ke belakang. Bagian depan malah terlihat sangat bersih dengan desain grille terbelah dua.

Interior didominasi warna abu-abu dengan sentuhan sewarna dengan bodi di beberapa tempat. Desain dashboard pun berkesan modern dan bersih dengan tachometer yang dirancang terpisah dari dashboard dan memberi sentuhan sporty pada city car yang satu ini. Untuk membuat kabin berkesan lebih lapang dan ringkas, tuas persneling dibuat menyatu dengan dashboard.

Untuk dapur pacu, Suzuki Splash ini ditawarkan dalam tiga varian mesin. Dua varian menggunakan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas ruang bakar sebesar 1.000cc dan 1.200cc, masing-masing menggunakan mesin tiga silinder dan mesin empat silinder. Pilihan ketiga menggunakan mesin diesel berkapasitas ruang bakar 1.300cc. Di Indonesia sendiri kabarnya Suzuki hanya akan melepas Splash ini dengan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.200cc.

SPESIFIKASI
Vehicle Type : City Car
Engine : 1.0L I3, 1.2L I4, 1.3L Diesel I4
Displacement : 1.000cc, 1.200cc, 1.300cc
Power : 48kW @ 6.000rpm, 63kW @ 5.500rpm, 55kW @ 4.000rpm
Torque : 90Nm @ 4.800rpm, 114Nm @ 4.400rpm, 190Nm @ 1.750rpm
Transmission : 5MT, 4AT, 5MT
Length : 3.715mm
Width : 1.680mm
Height : 1.590mm
Wheelbase : 2.360mm
Weight : 1.085mm
Zero to 60 mph :
Top speed :
Fuel Economy :
Official Site : http://www.globalsuzuki.com

Sourse: Suzuki

2 thoughts on “Suzuki Splash, Dirancang Dengan Selera Eropa

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s