Ada Trojan Dalam Charger Milik Energizer

Siapa sangka kalau charger baterai produksi perusahaan sekelas Energizer bisa disusupi trojan? Tapi nyatanya, tiga tahun telah lewat dan tak ada seorang pun yang sadar kalau PC milik mereka telah terinfeksi. Kalau saja Symantec tak berhasil menemukan celah masuk trojan ini, bisa jadi trojan tak akan pernah ditemukan.

energizer duo charger

energizer duo charger ©markpascua.com

Menurut sebuah berita yang dilansir Forbes, trojan ini masuk dan menginfeksi PC (bukan Mac) setelah software Energizer Duo NiMH battery charger di-install dan menempatkan file bernama Arucer.dll di folder Windows system32. Dengan adanya file ini, maka hacker bisa dengan leluasa melihat directory dalam hard disk PC tersebut, mengirim dan mengambil file, dan mengeksekusi program, tentu saja jika PC yang terinfeksi ini terkoneksi internet.

Symantec tidak bisa melacak dari mana asal trojan ini namun dari data pembuatan file bisa diketahui bahwa file ini dibuat tanggal 10 Mei 2007. Saat ini Energizer, bekerja sama dengan U.S. Computer Emergency Readiness Team (US-CERT), sedang mencari tahu asal muasal dari trojan yang berhasil masuk ke produk mereka ini namun untuk sementara mereka menyarankan untuk menghapus file Arucer.dll ini atau membuang software charger ini karena tanpa software ini Arucer.dll tak akan bisa bekerja.

Saat ini Energizer Duo battery charger yang menggunakan port USB ini masih dijual namun software yang menyertainya sudah diganti dengan yang bebas dari malware.

Source: Forbes

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s