Audi Q5, Ikut Bermain di Pasar Compact SUV

Audi Q5

Audi Q5 ©audi.co.id

April 2008 adalah kali pertama Audi Q5 ini diperkenalkan dengan memilih Beijing Auto Show sebagai tempat paling tepat untuk memperkenalkan mobil ini. Tahun itu juga Audi yang berpusat di Jerman memproduksi Q5 ini untuk diluncurkan sebagai model tahun 2009. Bisa dikatakan Q5 ini adalah jawaban Audi atas dilepasnya produk-produk compact SUV termasuk BMW X3.

Audi Q5 sendiri dibangun dari platform Audi MLP platform (Modular Longitudinal Platform) yang pertama kali diperkenalkan lewat Audi A5 coupe di tahun 2007 lalu. Audi Q5 ini juga menjadi mobil kedua dari Audi yang menggunakan huruf depan Q setelah Q7 yang dilepas sebagai full size SUV. Dengan makin banyaknya mobil compact SUV yang beredar belakangan ini, keputusan Audi melepas Q5 ini memang masuk akal.

Dari tampilan luar, terlihat kalau Audi menerapkan konsep ‘kesederhanaan’ pada compact SUV ini. Selain bagian depan, mobil ini memang terlihat ‘bersih’. Pahatan dibuat halus sehingga terlihat seperti mengalir di sekujur bodi Audi Q5 ini. Yang jadi kendala sebenarnya justru adalah bagian depan yang terlihat sangat kontras dengan bagian lain dari bodi mobil ini.

Audi Q5

Audi Q5 ©audi.co.id

Bagian depan seolah didominasi oleh grille super besar dengan logo empat lingkaran khas Audi. Audi seolah memang ingin membuat grille ini sebagai titik pusat perhatian sampai-sampai lampu depan dan kap mesin seolah tenggelam karena desain grille ini. Keindahan memang sesuatu yang sangat pribadi namun sekilas melihat bagian depan Audi Q5 ini sepertinya ukuran grille ini memang melebihi proporsi.

Bila bagian depan jadi objek eksperimen Audi dalam hal desain, bagian dalam malahan tak terlalu banyak perubahan. Desain interior masih tak jauh beda dengan Audi A4, Audi R8, atau malah Audi Q7. Kualitas masih menjadi pertimbangan penting buat Audi. Terlihat dari bahan plastik dan kulit berkualitas tinggi yang digunakan pada sebagian besar interior mobil ini.

Audi Q5 ini dilepas dalam empat varian mesin: turbocharged I4 berkapasitas 2.0 liter, TDI diesel I4 berkapasitas 2.0 liter, TDI diesel berkapasitas 3.0 liter, dan V6 dengan kapasitas mesin 3.2 liter. Mesin turbocharged I4 berkapasitas 2.0 liter ini mampu menghasilkan daya sebesar 211 daya kuda sedangkan mesin TDI diesel I4 berkapaitas 3.0 liter mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 daya kuda. Mesin TDI diesel 3.0 liter sanggup menghasilkan 240 daya kuda sementara mesin V6 berkapasitas 3.2 liter sanggup memuntahkan tenaga sebesar 270 daya kuda.

SPESIFIKASI
Vehicle Type : compact crossover SUV
Engine : Turbocharged I4, TDI diesel I4, TDI diesel V6, V6
Displacement : 2.0l, 3.0l, 3.2l
Power : 211 bhp, 170bhp, 240bhp, 270bhp
Torque : 350 Nm
Transmission : 6-speed manual, 6-speed Tiptronic, 7-speed DSG
Length : 4.630mm
Width : 1.880mm
Height : 1.650mm
Wheelbase : 2.810mm
Weight :
Zero to 60 mph : 7.2 sec, 9.9 sec, 6.5 sec, 6.9 sec
Top speed : 234 km/h
Fuel Economy : 8.4-9.3 l/100 km
Official Site : http://www.audi.co.id

Source: Car and Driver

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s