Ferrari Luncurkan Mobil Hybrid?

Ferrari 599GTB Hybrid Concept ©caranddriver.com

Apa yang ada di benak saat mendengar kata Ferrari? Mobil eksotik, Kecepatan tinggi? Boros bahan bakar? Semuanya benar. Selama ini mobil dengan logo kuda jingkrak ini memang identik dengan setan jalanan dan karena itu pula kabar bahwa pabrikan asal Italia ini akan segera meluncurkan mobil hybrid menjadi kabar yang sangat mengejutkan. Kenapa Ferrari tiba-tiba bergeser ke tren mobil hemat bahan bakar?

Hanya satu kemungkinan yang bisa diprediksi dari keputusan ini. Ferrari terpaksa mengikuti pasar karena ia tak ingin ditekan oleh regulasi emisi bahan bakar yang memang makin hari makin ketat itu. Namun Ferrari sepertinya tak terlalu happy dengan langkah ini terbukti dari sebuah berita yang dilansir Car and Driver yang menyebutkan kalau Ferrari tak akan mengklaim mobil ini sebagai ‘penyelamat lingkungan’ seperti yang banyak dikampanyekan oleh vendor lain termasuk Toyota yang sukses dengan Prius-nya.

Dalam berita yang sama disebutkan kalau konsep hybrid yang ditawarkan Ferrari ini termasuk sederhana. Ferrari akan memasang satu motor listrik yang terintegrasi pada transmisi tujuh percepatan dengan dual clutch karena format ini dianggap yang paling sempurna memadukan bobot total mobil, kerumitan, dan tentu saja performa mobil sendiri.

Disebut sebagai Ferrari 599GTB Hybrid Concept, nantinya mobil ini akan menjadi versi modifikasi dari dual-clutch gearbox Getrag yang terpasang pada 458 Italia dan California dan dilengkapi dengan motor listrik yang sanggup menyuplai daya sebesar 100 daya kuda terpasang di bagian buritan. Motor listrik ini nantinya akan terpasang langsung pada shaft sementara dua baterai lithium berkapasitas 3 kWh dipasang di bawah chasis. Ini dimaksudkan untuk menurunkan center of gravity tanpa mempengaruhi aliran udara di bawah mobil.

Seperti pada kebanyakan mobil hybrid Ferrari 599GTB Hybrid Concept ini juga akan memiliki kemampuan bekerja hanya dengan menggunakan motor listrik pada kecepatan rendah dan mampu mengisi ulang baterainya dari tenaga yang didapatkan dari pengereman. Tapi jangan keburu girang atau sedih dulu karena proyek peralihan menuju hybrid ini belum akan berlangsung dalam waktu dekat. Perlu beberapa persiapan sebelum Ferrari mengganti semua lineup-nya dengan sistem hybrid.

Source: Car and Driver

2 thoughts on “Ferrari Luncurkan Mobil Hybrid?

What do you think?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s